Search This Blog

Wednesday 10 April 2019

Pengertian dan Macam-Macam Variabel Penelitian




 Assalamalaykum Wr.Wb

Kali ini kita akan belajar mengenai pengertian dan macam-macam variabel penelitian. Variabel penelitian dibagi atas beberapa macam jenisnya dibagi berdasarkan cara pengukuran dan fungsinya. Kali ini yang saya bahas adalah macam-macam fariabel berdasarkan fungsinya. Macam-macam variabel tersebut adalah varabel Independen, Dependen, dan Moderating. 

 Pengertian Variabel Penelitian 

                Variabel penelitian merupakan sesuatu hal yang berbentuk apa saja yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari sehingga diperolehnya informasi tentang hal yang diteliti kemudian ditarik kesimpulan. Dengan kata lain, variabel penelitian adalah setiap hal dalam suatu penelitian yang datanya ingin diperoleh. Dikatakan variabel karena nilai dari data tersebut sangat beragam. Secara teoritis, variabel didefinisikan sebagai apa pun yang dapat membedakan atau membawa variasi dengan nilai. Nilai bisa berbeda pada berbagai waktu untuk objek atau orang yang sama, atau pun pada waktu yang sama untuk objek yang berbeda menurut Sekaran, (dalam Noor 2017).
 
      Macam-macam Variabel Penelitian

  •  Variabel Independen (Independent Variable) adalah variabel yang menjelaskan atau mempengaruhi variabel yang lain. Variabel independen disebut pula variabel yang diduga sebagai sebab (presumed cause variable). Variabel independen juga dapat disebut sebagai variabel yang mendahului (antecedent variable). Berikut adalah contoh rumusan masalah dari variabel Independen:
  1.    Variabel Independen : Motivasi belajar 
    Rumusan masalah : Apakah ada pengaruh dari motivasi belajar dengan hasil belajar siswa?
  2. Variabel Independen : Tingkat Pendidikan 
    Rumusan masalah : Bagaimana pengaruh tingkat pendidikan ibu rumah tangga terhadap pola asuh anak? 
  3. Variabel Independen : Keterampilan Komunikasi     
    Rumusan masalah : Apakah ada keterkaitan antara keterampilan komunikasi anak dengan prestasi akademik di sekolah?  
  • Variabel Dependen (Dependent Variable) adalah variabel yang dijelaskan atau dipengaruhi oleh variabel independen. Variabel dependen disebut juga variabel yang diduga sebagai akibat (presumed effect variable). Variabel dependen juga dapat disebut sebagai variabel konsekuensi (consequent variable). Berikut adalah contoh rumusan masalah dari variabel Dependen:
  1. Variabel Dependen : Hasil Belajar  
    Rumusan masalah : Bagaiamana kecenderungan hasil belajar siswa dengan motivasi belajar yang rendah?
  2. Variabel Dependen : Pola asuh  
    Rumusan masalah : Bagaiamana kecenderugan pola asuh para ibu rumah tangga ya ng berpendidikan rendah?
  3. Variabel Dependen : Prestasi Akademik  
    Rumusan masalah : Bagaimana keterkaitan prestasi akademik siswa dengan keterampilan komunikasi?
  • Variabel Moderating adalah variabel yang dapat memperkuat atau memperlemah hubungan langsung antara variabel independen dengan variabel dependen. Variabel moderating adalah variabel yang mempunyai pengaruh terhadap sifat atau arah hubungan antar variabel. Sifat atau arah hubungan antara variabel-variabel independen dengan variabel-variabel dependen kemungkinan positif atau negatif tergantung pada variabel moderating, oleh karena itu variabel moderating dinamakan pula sebagai contigency variable. Berikut adalah contoh rumusan masalah dari variabel Moderating :
  1.        Variabel Moderating :  Peran Guru
  • Rumusan masalah : Bagaimana peran guru dalam motivasi belajar siswa untuk hasil belajar yang maksimal?
  • Rumusan masalah : Bagaiamana peran guru mempengaruhi motivasi belajar siswa dan menghasilakan kualitas belajar uang maksimal?
  • Rumusan masalah : Apakah sikap guru dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa dan menghasilkan kualitas belajar siswa?



Sekian penjelasan dari saya terimakasih saya ucapkan bagi pembaca


No comments:

Post a Comment