Search This Blog

Tuesday 26 February 2019

Jurnal Kegiatan Perkuliahan Analisis Pengubahan Tingkah Lakua


Nama              : Wahyu Setyowati

NIM                : 170111600061

Offering          : BK A7

Matakuliah      : Analisis Pengubahan Tingkah Laku

 

Assalamualaikum, Wr.Wb.

Selamat siang teman-teman,

Hari ini saya akan melaporkan kegiatan perkuliahan saya pada hari rabu tanggal 27 Februari 2019 pada matakuliah “Analisis Pengubahan Tingkah Laku”. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan pengalaman saya saat mengikuti perkuliahan matakuliah “Analisis Pengubahan Tingkah Laku”, semoga dapat bermanfaat untuk kita semua …

Saat pertama kali masuk jam pertama perkuliahan, diinstruksikan oleh bu dany selaku dosen  untuk melihat sebuah film dokumenter yang berjudul “Supernanny the Porter Family” yang berkaitan dengan matakuliah yang sedang diampu. Saat menyaksikan film tersebut, ada beberapa tugas yang harus diselesaikan baik oleh individu mapun kelompok. Kegiatan tersebut yaitu melakukan pengamatan terhadap film tersebut, kemudian mencatat tingkah laku negatif yang muncul dari cuplikan film yang diberikan. Setelah ditemukan beberapa tingkah laku negatif, langkah selanjutnya yaitu menentukan cara mengukur tingkah laku dan menentukan satu tingkah laku yang akan diubah.

Selanjutnya saya bekerjasama dengan teman kelompok untuk mencocokkan tingkah laku negatif yang sama hasil dari kerja individu. Setelah itu saya dan kelompok melanjutkan mengukur tingkah laku yang muncul dalam film dokumenter tersebut. Kami memilih satu diantara sekian banyak tingkah laku yang muncul untuk diamati lebih dalam. Kami menentukan tingkah laku “berteriak” untuk diamati dan ditentukan cara mengukurnya. Frekuensi digunakan untuk mengukur tingkah laku “berteriak”, kegiatan ini berlangsung selama 3 jam. Selama perkuliahan berlangsung, saya dan teman kelompok berdiskusi mengenai frekuensi kemunculan tingkah laku “berteriak”. Setelah beberapa jam berlalu, perkuliahan diakhiri tepat tiga jam setelah awal mulai perkuliahan. Sebelum diakhiri, bu dany menginstruksikan untuk melanjutkan tugas yang belum terselesaikan dan untuk membuat laporan individu.

Demikian yang dapat saya sampaikan mengenai kegiatanperkuliahan saya hari ini.

Terimakasih.

 

 

No comments:

Post a Comment