HAND-OUT 2
PERBEDAAN KEGIATAN ILMIAH DAN NON ILMIAH
Tujuan
Perkuliahan:
Setelah
mengikuti perkuliahan ini diharapkan anda dapat menguraikan perbedaan kegiatan
ilmiah dan non ilmiah
Tugas
Individual:
Cari perbedaan antara kegiatan ilmiah dan kegiatan non ilmiah
dari berbagai sumber pustaka (buku, makalah, bahan dari internet). Gunakan
tabel berikut ini untuk menganalisa perbedaan tersebut. Kerjakan tugas ini di
luar jam perkuliahan. Tulis hasil kerja anda dan upload dalam blog anda.
Aspek Perbedaan
|
Ilmiah
|
Non Ilmiah
|
Karakteristik
|
Objektif, tidak bias, dapat diverifikasi, dan empiris
|
Bahasa tidak baku,
bias
|
Pendekatan
|
Permasalahan
dirumuskan secara spesifik
|
Permasalahan
dirumuskan secara umum
|
Penjelasan berdasarkan data yang akurat
|
Tidak ada data yang mendukung (tidak akurat)
|
|
Data
dapat diuji validitasnya (dapat dibuktikan)
|
Kebenarannya dapat
diragukan karena berasal dari data yang tidak valid (tidak dapat dibuktikan)
|
|
Kegunaan
|
Digunakan untuk
mengkaji hal-hal yang dapat diamati, dapat diukur, dan empiris.
|
Dapat digunakan
untuk mengkaji hal apapun tidak
didasarkan atas data (peristiwa kebetulan)
|
Tugas
kelompok:
1. Diskusikan hasil kerja anda dalam kelompok, cari
persamaan dan perbedaan hasil kerja setiap anggota kelompok.
2. Buat sebuah kesimpulan kelompok tentang perbedaan
kegiatan ilmiah dan non ilmiah.
3.
Tulislah hasil kesimpulan diskusi kelompok dan upload dalam blog anda.
JAWABAN Tugas Kelompok
1.
Diskusikan
hasil kerja anda dalam kelompok, cari persamaan dan perbedaan hasil kerja
setiap anggota kelompok.
Persamaan
|
Perbedaan
|
||
Ilmiah
|
Non ilmiah
|
Ilmiah
|
Non ilmiah
|
-
Empiris
-
Objektif
-
Tidak bias
-
Akurat
-
Dapat dibuktikan
|
-
Bias
-
Tidak akurat
-
Peristiwa kebetulan
|
-
Dapat diverifikasi
-
Spesifik
-
Mengkaji
hal-hal yang dapat diamati, dapat diukur
|
-
Bahasa tidak
baku
-
Permasalahan
dirumuskan secara umum
-
Tidak dapat
dibuktikan
|
2. Buat sebuah kesimpulan kelompok tentang
perbedaan kegiatan ilmiah dan non ilmiah.
Kesimpulan :
kegiatan ilmiah adalah kegiatan yang bersifat empiris,objektif, tidak bias dan
dapat dibuktikan dengan data yang akurat. Sedangkan kegiatan non ilmiah adalah
kegiatan atau peristiwa yang terjadi secara kebetulan mempunyai sifat bias dan
tidak dapat dibuktikan keakuratan datanya.
Daftar Rujukan
Emzir.2008. Metodologi Penelitian Pendidikan kuantitatif dan Kualitatif.
Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Ali, Mohamad. 1985. Penelitan Kependidikan Prosedur dan Strategi.
Bandung: Angkasa.
Sumiantono, Bambang dan
Widhiarso, Wahyu. 2013. Aplikasi Model
Rasch Untuk Penelitian Ilmu-ilmu Sosial. Cimahi: TrimKom Publishing House.
No comments:
Post a Comment